Pengadaan/pembelian barang adalah proses dimana klinik melakukan transaksi pembelian dari distributor/supplier. Untuk melakukan pengadaan barang, klik menu Inventory kemudian klik sub-menu Pengadaan Barang seperti pada gambar berikut.
Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut.
Untuk menambah pengadaan barang, pada bagian kanan tampilan di kolom Supplier pilih nama supplier yang telah diatur pada bab sebelumnya. Kemudian pada kolom Gudang pilih gudang tujuan untuk menyimpan produk. Dalam kondisi awal/default, klinik memiliki 1 gudang yang dapat digunakan untuk baik transaksi pembelian maupun transaksi penjualan. Pada kolom No. Faktur, masukkan nomor faktur bila ada dan keterangan lainnya. Kolom Tanggal Tempo berfungsi apabila status pembayaran adalah Belum Dibayar, maka sistem akan memberikan notifikasi jika ada tagihan dari supplier yang belum dibayar pada tanggal jatuh tempo tersebut. Setelah semua keterangan terisi, klik tombol Mulai untuk memulai transaksi pembelian.
Pada bagian kanan tampilan aplikasi, terdapat kolom untuk menambah barang yang dibeli. Pada kolom Produk, pilih nama produk yang dibeli. Kemudian pada kolom Jumlah, masukkan jumlah produk yang dibeli dan harga satuan produk yang dibeli. Setelah semua keterangan terisi, klik tombol Tambah untuk menambahkan produk. Ulangi tahapan ini apabila ada beberapa produk yang dibeli dari supplier dalam satu faktur. Setelah semua produk yang dibeli terinput, klik pada tombol Selesai untuk mengakhiri transaksi pembelian.
Apabila muncul pertanyaan konfirmasi, klik tombol OK untuk mengakhiri transaksi.
Catatan:
Satu klinik dapat menggunakan lebih dari 1 gudang. Misalkan 1 gudang untuk menampung barang setelah melakukan pembelian dan menjaga stok, kemudian memiliki 1 gudang yang berbeda yang digunakan untuk transaksi penjualan sehari-hari. Dalam kondisi awal/default, klinik memiliki 1 gudang yang dapat digunakan untuk baik transaksi pembelian maupun transaksi penjualan.