Integrasi Encounter (Rekam Medis)

“Encounter” dalam integrasi SatuSehat dapat digunakan untuk mengintegrasikan data rekam medis pasien pada fasyankes anda. Baik rawat jalan maupun rawat inap. Syarat agar data rekam medis dapat terkirim ke SatuSehat antara lain:

  • Fasyankes sudah terhubung ke SatuSehat (berhasil menghubungkan organization ID, client key, dan secret key)
  • Data pasien sudah terhubung ke SatuSehat (terdapat ID SatuSehat)
  • Data nakes/praktisi sudah terhubung ke SatuSehat (terdapat ID SatuSehat)
  • Data Organization/Department sudah terhubung ke SatuSehat (terdapat ID SatuSehat)
  • Data Location/Detail Ruangan sudah terhubung ke SatuSehat (terdapat ID SatuSehat)

Untuk mengirimkan data rekam medis ke SatuSehat, klik pada menu Integrasi SatuSehat kemudian klik submenu Encounter/Resume Medis.

Pada kolom ID Satu Sehat, jika rekam medis sudah terkirim ke SatuSehat maka akan muncul ID Satu Sehat. Sedangkan jika belum, akan ada keterangan sebagai berikut:

  • NIK pasien kosong/tidak valid
    • Penyebab: NIK/No. KTP pasien belum diisi/tidak valid
    • Solusi: mengisikan NIK/No. KTP pasien di menu Pasien
  • Data pasien belum terintegrasi SatuSehat
    • Penyebab: data pasien belum terkirim ke SatuSehat
    • Solusi: melakukan sync data pasien untuk mendapatkan ID Satu Sehat pasien dari menu Integrasi Satu Sehat -> Patient/Pasien.
  • Ruangan/Department belum dipilih
    • Penyebab: belum memilih ruangan tempat di mana pasien mendapatkan pelayanan medis
    • Solusi: menginput ruangan di data Transaksi/Rawat Jalan/Rawat Inap pada menu Transaksi (Rawat Jalan) atau menu Rawat Inap. Klik pada tombol Edit di data riwayat rawat jalan/rawat inap.
  • Data ruangan/department belum terintegrasi SatuSehat
    • Penyebab: data organization/department belum terkirim ke SatuSehat
    • Solusi: melakukan sync data organization/department untuk mendapatkan ID Satu Sehat dari menu Integrasi Satu Sehat -> Organization/Department.
  • Lokasi belum dipilih
    • Penyebab: Lokasi/detail lokasi/bed belum dipilih
    • Solusi: menginput lokasidi data Transaksi/Rawat Jalan/Rawat Inap pada menu Transaksi (Rawat Jalan) atau menu Rawat Inap. Klik pada tombol Edit di data riwayat rawat jalan/rawat inap.
  • Data lokasi belum terintegrasi SatuSehat
    • Penyebab: data location/detail ruangan belum terkirim ke SatuSehat
    • Solusi: menginput data location untuk mendapatkan ID Satu Sehat location dari menu Integrasi Satu Sehat -> Location/Lokasi.
  • Nakes/Praktisi belum diisi
    • Penyebab: belum mengisi data nakes/praktisi pada catatan medis
    • Solusi: mengisikan nakes/praktisi yang memberikan pelayanan medis pada pasien melalui menu Transaksi (Rawat Jalan) atau menu Rawat Inap. Klik pada tombol More – Edit Transaksi di data riwayat rawat jalan/rawat inap.
  • Kemudian klik Tab Petugas
  • Klik pada tombol Tambah Petugas
  • Pilih nama nakes/petugas kemudian klik tombol Simpan. Pastikan data nakes/petugas juga sudah terhubung ke SatuSehat.
  • Nakes/Praktisi belum terintegrasi Satu Sehat.
    • Penyebab: data praktisi/nakes belum terkirim ke SatuSehat
    • Solusi: melakukan sync data nakes/praktisi untuk mendapatkan ID Satu Sehat praktisi dari menu Integrasi Satu Sehat -> Practitioner/Praktisi.
  • Diagnosa (ICD10) belum diisi (opsional)
    • Penyebab: belum memilih diagnosa utama (ICD10) di tab rekam medis
    • Solusi: memilih diagnosa utama (ICD10) di tab rekam medis
  • Tindakan (ICD9) belum diisi (opsional)
    • Penyebab: belum memilih tindakan (ICD9) di tab menu rekam medis
    • Solusi: memilih tindakan (ICD9) di tab menu rekam medis
  • Lokasi tubuh belum diisi (opsional)
    • Penyebab: belum memilih lokasi tubuh untuk tindakan di tab menu rekam medis
    • Solusi: memilih lokasi tubuh untuk tindakan di tab menu rekam medis
  • Klik tombol Sync untuk mengirim ke Satu Sehat.
    • Penyebab: data resume medis sudah valid dan siap untuk dikirimkan ke Satu Sehat
    • Solusi: melakukan sync data ke Satu Sehat

Untuk melakukan sync data rekam medis ke Satu Sehat, klik pada tombol Sync Resume Medis

Jika proses sync resume medis ke Satu Sehat berhasil, akan muncul ID Satu Sehat pada kolom ID Satu Sehat.

Proses sync data Encounter (Kunjungan Pasien) ini juga sekaligus melakukan sync data berikut ini ke Satu Sehat:

No.FHIR HL7Integrasi Satu SehatKeterangan
1EncounterKunjungan Pasien
2Medication RequestResep Obat
3Medication DispenseTebus Obat
4ConditionKondisiICD10
5ProcedureTindakan/ProsedurICD9
6ObservationObservasiTTV
7Service RequestService Requestdalam proses

Untuk melihat rincian data apa saja yang terkirim ke SatuSehat, klik pada ID SatuSehat pada data Encounter

Kemudian akan muncul daftar rincian data apa saja yang dikirimkan ke SatuSehat beserta masing-masing ID SatuSehat sebagai bukti bahwa data sudah terkirim dan sudah mendapakan ID unik dari sistem SatuSehat.